Rabu, 12 Desember 2012

MERAWAT RANTAI VIXION




1. Melumasi rantai dengan oli bekas
> Oli bekas biarpun serasa masih pantas digunakan untuk barang seperti rantai penggerak roda, biarpun jika diraba menggunakan tangan masih halus, sebenarnya sudah mengandung serpihan logam mikroskopis dari mesin yang ikut tercampur bersama oli saat oli di tap. Serpihan ini biarpun seukuran mikro akan mempercepat keausan rantai, biarpun secara kasat mata rantai kita terasa aman karena telumasi.

2. Melumasi rantai dengan oli baru
> Oli baru biarpun bagus untuk rantai, oli baru (maupun bekas) akan mudah terciprat ke sekujur bagian bawah kendaraan seperti velg, swing arm dan ban. Yang berbahaya adalah ban, ketika ban terciprat oli bekas akan membuatnya licin dan membahayakan pengendara. Efek lainnya adalah baik oli bekas/baru akan membuat pasir/debu/kotoran lain mudah menempel di bagian yang diberi oli. Kotoran yang menempel tadi akan mempercepat keausan rantai dan bagian lain yang terkena juga akan terkesan kotor.

3. Mencuci rantai kotor dengan bensin / minyak tanah / solar / dsm
> Bahan cair di atas memang akan membersihkan bagian rantai yang kotor. Namun akan membuat o-ring di dalam roller2 rantai menjadi melar dan efek awalnya adalah rantai akan bersuara gemericik/krecek2 saat kendaraan digunakan. Efek jangka panjangnya adalah rantai lebih cepat rusak karena suara gemericik/krecek2 tadi adalaha akumulasi dari peningkatan gesekan berlebih pada rantai.

Yang seharusnya dilakukan:
1. Mencuci rantai kotor dengan sabun.
> Pastikan anda menyucinya dengan bantuan sikat/sejenis (mencuci dengan tangan sangat berbahaya dan tidak baik bagi kulit anda). Gunakan sabun cair seperti Sunlight kemudian cuci dengan bantuan sikat kemudian bilas. Hindari menggunakan sabun dengan kandungan bubuk penggores seperti Wings biru, Abu Gosok, dsm (mempercepat keausan)

2. Melumasi rantai dengan pelumas khusus rantai.
> Pelumas khusus rantai adalah pelumas yang dapat melumasi rantai dengan baik tanpa membuat kotoran cepat menempel pada rantai, tidak merusak o-ring pada rantai, serta menempel dengan baik sehingga tidak menyiprat di sekitar bagian rantai. Jika anda membeli di penyedia / bengkel umum biasanya disebut chain lube, sedangkan merknya ada bermacam macam.

- - - - -

V-Ixion sudah dirancang (sepeda motor lain juga) agar bila terkena air tetap tidak mengganggu kerja segala part kecuali pasokan air berlebihan (banjir bandang, dsb). Kalo mencuci ushakan gunakan selang lalu semburkan dengan baik dan tidak dengan sengaja menyemprotkan ke bagian yang dapat menimbulkan kerusakan bila terkena air semisal lubang knalpot, dsb.

Sedangkan part2 elektrik sudah ditempatkan sedemikian hingga bila ada seperti melewati genangan air, dicuci, dsb tidak terganggu dan aman.

Jangan mencuci dengan melepas bagasi / jok. Hindari hal tersebut (biarpun di tempat2 pencucian sepeda motor hal ini sering dilakukan). Hal ini bisa menyebabkan karat pada bagian dalam jok / bagasi yang memang tidak dirancang untuk dikenai air berlebih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites