Rabu, 12 Desember 2012

Cara Mengatasi Getaran Pada CVT Mesin Matic



9 out of 10 based on 2907 ratings. 5 user reviews.

Cara Mengatasi Getaran pada CVT mesin Matic

Punya motor matic dirumah…????
pernah ngerasa begeter di footrest ketika di bejek gasnya…????
bisa jadi masalahnya ada di CVTnya.
CVT matic sangat perlu untuk dicek pada saat Service. Jika telat atau lupa mengecek, akibatnya laju motor jadi lelet dan diikuti suara berisik di dalam CVT. Itu contoh paling sederhana loh, bila ini terus diabaikan, penyakit ini malah makin menjadi-jadi.
“Paling parahnya, setiap mau ngegas atau berakselerasi, pasti terasa sedikit getaran sampai ke kaki dan mesin juga jadi boros.
Selain itu, mesin juga jadi tersendat-sendat di rpm rendah,”
Trus gimana cara mengatasinya????
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk perawatan mesin matik, khususnya bagian CVT-nya.
Ya udah ikuti saja langkah berikut.
1. Bongkar Cover CVT, pertama lepas semua baut penahan cover CVT pakai kunci T-8.
2. Periksa kondisi drive belt CVT-nya. Caranya gampang, tinggal tekuk belt tersebut dan lihat apakah ada retakan kecil, dengan cara dibalik lalu ditekuk .
3. Periksa tapak bagian dalam dari flywheel atau teromol kopling. Jika sudah termakan atau baret, kerja sentrifugal jadi lambat, ini juga faktor penyebab BBM jadi boros.
4. Cek kondisi roller, kalau permukaan atau lingkarannya tidak rata alias peyang harus diganti part yang baru. Ingat, jangan cuma satu yang diganti, harus ganti satu set.
5. Jangan lupa cek ketebalan kampas sentrifugal dilihat. Ketebalan minimum 2 mm, Fungsi kampas ini adalah menekan flywheel sehingga transfer tenaga dari penggerak diteruskan ke roda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites